DANA Tidak Bisa Premium? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

DANA Tidak Bisa Premium – Kebutuhan transaksi kini semakin dimudahkan dengan hadirnya aplikasi dompet digital. Hanya dengan dompet digital, kalian tidak perlu buat rekening bank dan aktivasi Mobile Banking akan tetapi sudah bisa melakukan transaksi transfer ke rekening bank.

Di mana salah satu aplikasi dompet digital yang merupakan cukup banyak digunakan adalah DANA. Mungkin sudah banyak dari kalian yang menggunakan DANA guna penuhi kebutuhan transaksi online, hanya dengan melalui smartphone atau HP nantinya semua bisa dilakukan.

Keuntungan dengan menggunakan DANA adalah proses daftar mudah, ada gratis kirim ke rekening bank sebanyak 10 kali dalam setiap bulan, dan tentu saja limit yang besar. Namun untuk urusan limit, akun DANA biasa dan akun DANA Premium berbeda satu sama lain.

Di mana untuk akun biasa hanya bisa kirim Rp 2.000.000 sedangkan DANA premium bisa capai Rp 10.000.000. Dengan begitu bagi yang belum upgrade ke DANA Premium silakan upgrade akun DANA dahulu dengan lengkapi informasi data diri seperti KTP dan melakukan verifikasi.

DANA Tidak Bisa Premium

Dalam proses upgrade DANA menjadi akun DANA premium, ada kalanya para pengguna menemui sebuah masalah yang menjadikan DANA tidak bisa premium. Atas kejadian ini, tentu saja bagi sebagian yang alami akan bertanya mengenai apa penyebab dan cara mengatasinya.

Maka dengan buka dan adanya kalian di sini, merupakan pilihan yang tepat jika memang sedang menjumpai sebuah masalah serupa. Karena pada kesempatan kali ini kami Saku Digital akan sampaikan informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab DANA Tidak Bisa Premium

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi, mengetahui sebuah masalah atau penyebab adalah kunci utama agar nantinya para saat menyelesaikan bisa menjadi lebih mudah. Terkait penyebab DANA tidak bisa premium itu sendiri, umum terjadi karena beberapa faktor berikut:

1. Foto Blur dan Kurang Jelas

Untuk penyebab pertama yang menjadikan tidak bisa upgrade ke premium bisa karena pada saat pengambilan verifikasi foto KTP tidak jelas, bura, atau KTP rusak. Seperti diketahui sendiri jika dalam proses upgrade ke DANA premium, para pengguna perlu verifikasi data KTP.

Dengan hasil foto KTP yang tidak jelas inilah nantinya sistem DANA tidak akan membaca sempurna proses verifikasi KTP. Jadi untuk itu silakan ambil gambar maupun foto KTP dengan hasil bagus dengan tujuan agar sistem DANA bisa membaca secara sempurna.

2. Data Pribadi Sudah Terdaftar

Tidak hanya datang dari masalah foto kurang jelas, gagal upgrade DANA premium juga bisa terjadi juga karena masalah data pribadi seperti KTP / no HP yang dimasukkan sudah pernah terdaftar. Biasanya ini akan dialami oleh kalian yang mana sebelumnya sudah pernah mendaftarkannya.

Contoh saja, kalian sudah pernah daftarkan akun DANA dengan nomor HP miliknya. Akan tetapi kalian melakukan daftar akun baru dengan nomor HP yang sama, secara otomatis sistem DANA akan mendeteksi jika data tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya atau akun lain.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Premium

Saat berhasil identifikasi atau tahu mengenai penyebab kenapa DANA gagal jadi akun premium di atas, maka selanjutnya kalian tinggal mengetahui bagaimana solusi ataupun cara atasinya. Untuk proses sendiri, bisa dilakukan dengan sesuai apa faktor penyebab masalahnya.

1. Verifikasi Ulang & Pastikan Pengambilan Gambar Jelas

Jika masalah datang karena foto KTP blur, buram atau kurang jelas saat proses verifikasi maka solusi mengatasi paling tepat adalah melakukan verifikasi ulang. Di mana kalian perlu melakukan verifikasi ulang dan memastikan jika foto KTP yang diuplod terlihat jelas.

Jadi pastikan dalam pengambilan foto KTP saat proses verifikasi DANA premium, pengambilan gambar memang dengan hasil yang bagus. Dengan begitu pastikan saat pengambilan foto KTP ini dilakukan ditempat dengan pencahayaan terang agar data diri yang ada bisa terbaca sistem.

2. Ganti Data Informasi Lain

Kemudian jika akun DANA gagal upgrade ke akun premium dikarenakan data dimasukkan sudah pernah terdaftar, maka solusinya sangatlah mudah. Di mana kalian tinggal melakukan pergantian dengan informasi data yang lain. Contoh saat nomor sudah terdaftar, bisa gunakan nomor HP lain.

Itu bisa dilakukan jika kalian memiliki lebih dari satu nomor HP, namun jika hanya memiliki nomor HP hanya satu maka bisa gunakan nomor HP milik keluarga (orang tua, kakak, adik atau orang terpercaya). Mengatasi hal ini biasanya akan berhasil karena data sudah berbeda.

Akan tetapi, jika kalian sudah melakukan dua hal di atas tetap saja tidak berhasil maka silakan tanyakan kepada pihak DANA untuk meminta penjelasan. Kalian bisa hubungi pihak DANA melalui customer service lewat telepon diĀ 1500 445 atau email [email protected].

Kesimpulan

Mungkin seperti itu saja pembahasan dapat cekbon.com sajikan mengenai penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa premium pada saat mencoba melakukan upgrade. Diharapkan adanya pembahasan upgrade DANA di atas bisa berguna bagi yang jumpai masalah serupa.

Sumber Gambar : Admin Saku Digital